SEKILAS INFO
20-09-2021
  • 2 hari yang lalu / SELAMAT HARI JADI PROVINSI KEPULAUAN RIAU KE-19
  • 1 minggu yang lalu / SELAMAT HARI OLAHRAGA NASIONAL TAHUN 2021
  • 1 bulan yang lalu / DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-76 INDONESIA TANGGUH INDONESIA TUMBUH
25
Agu 2021
1
PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SINGKEP BARAT

PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SINGKEP BARAT

Oleh : Hindrayadi, S.Pd

 

Matematika adalah sebagai alat untuk analsisi dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, mempnyai peranan sangat penting sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada. Penerapan matematika tidak hanya digunakan oleh orangorang terpelajar saja, namun orang yang tidak bisa menikmati di bangku sekolah pun mengetahui matematika.

Guru dalam konteks pendidikan mempunyai peranan yang besar dan strategis. Hal ini disebabkan gurulah yang berada dibarisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan karena guru merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pada proses belajar mengajar. Untuk itu guru perlu melengkapi dirinya dengan berbagai keterampilan yang diharapkan dapat membantu menjalankan tugasnya dalam pembelajaran. Salah satu keterampilan bertanya yaitu cara seorang guru bertanya kepada semua siswa di kelas, baik secara kelompok maupun secara individu. Guru dapat menyajikan pembelajaran matematika bermakna dan menarik bagi siswa jika guru menghadirkan masalah-masalah kontekstual dan realistik, yaitu masalah-masalah yang sudah dikenal dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Oleh karena itu, guru perlu memberikan bantuan atau dorongan kepada siswa dalam pembelajaran matematika. Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang harus dipelajari siswa dan merupakan salah satu bidang studi yang diunggulkan pada tiap jenjang pendidikan, matematika juga tidak kalah penting perananya dalam perkembangan ilmu dan teknologi pada saat sekarang ini, seseorang yang tidak menguasai matematika tidak mungkin menjadi ahli teknologi.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi terhadap dunia dan mengelolanya agar lebih produktif. Oleh karena itu, kompetensi yang harus dikuasai siswa perlu dinyatakan secara jelas dan tegas sehingga dapat dinilai sebagai wujud hasil belajar siswa yang mengacu pada pengalaman belajar secara langsung.

Pada umumnya, sekelompok siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika sulit difahami. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Pertama, siswa kurang memiliki pengetahuan prasyarat serta kurang mengetahuimanfaat pelajaran matematika yang ia pelajari. Kedua, daya abstraksi siswa kurang dalam memahami konsep-konsep matematika yang bersifat abstrak.

Dalam mengajarkan matematika, sebaiknya diusahakan agar siswa mudah memahami konsep yang ia pelajari, sehingga siswa lebih berminat untuk mempelajarinya. Jika sekiranya diperlukan media atau alat peraga yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika, maka sebaiknya guru menyiapkan media atau alat peraga yang diperlukan untuk pembelajaran.

Berdasakan uraian di atas maka penulis akan mengangkat judul tentang problematika belajar siswa pada mata pelajaran metematika di SMA Negeri 1 Singkep Barat sebagai salah satu untuk membantu pokok permasalahan dan tindakan yang harus dilakukan.

 

Makalah lengkap dapat dilihat pada link dibawah ini :

https://drive.google.com/file/d/12eVFd5HlgwtkT9CtO_YVpcuayT6e0CUO/view?usp=sharing

VR 46, Jumat, 27 Agu 2021

Sangat inspiratif… Terima kasih

Balas

Pengumuman

PENGUMUMAN HASIL PPDB SMAN 1 SINGKEP BARAT T.P. 2021/2022

INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMAN 1 SINGKEP BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SURAT EDARAN TENTANG PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMAN 1 SINGKEP BARAT

Data Sekolah

SMAN 1 SINGKEP BARAT

NPSN : 11002071/ 301310404006

JL. Raja Ali Haji, Desa Sungai Harapan
KEC. Singkep Barat
KAB. Lingga
PROV. Kepulauan Riau
KODE POS 29875

Statistik Pengunjung