![PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOMETRI SISWA KELAS XII PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOMETRI SISWA KELAS XII](https://sman1singkepbarat.sch.id/wp-content/uploads/2021/08/Foto-Baru-Latar-Merah-1.png)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOMETRI SISWA KELAS XII
Oleh : Hindrayadi, S.Pd
ABSTRAK
Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang harus dipelajari siswa dan merupakan salah satu bidang studi yang diunggulkan pada tiap jenjang pendidikan, matematika juga tidak kalah penting perananya dalam perkembangan ilmu dan teknologi pada saat sekarang ini, seseorang yang tidak menguasai matematika tidak mungkin menjadi ahli teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar geometri siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Cabri 3D siswa kelas XII IPA. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA SMAN 1 Singkep Barat, dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil belajar geometri pada materi dimensi tiga pada siklus I dan II terdapat 17 siswa atau sebesar 65,39 % nilai mengalami peningkatan, 7 siswa atau sebesar 26,92 % mengalami nilai tetap, sedangkan 2 siswa atau sebesar 0,77 % mengalami nilai turun. Berarti tidak ada perbaikan pada masing-masing siklus karena siswa sudah tuntas diatas 75 % dari KKM yang ditentukan.
Kata Kunci : Cabri 3D, Dimensi Tiga, Geometri, Problem Based Learning
Jurnal lengkap dapat dilihat pada link dibawah ini :
https://drive.google.com/file/d/1x5Hee0q-WrAsGk1WZRMxlOiyXZo5JHSn/view?usp=sharing